Buka: jam 08.00-16.00 , jam 12.00-13.00 istirahat, Minggu libur
160x600 animasi BLB
Beranda » ☺ ARTIKEL ☺ » Apakah Makna Filosofi Motif Batik Sawat ?

Apakah Makna Filosofi Motif Batik Sawat ?

Diposting pada 29 Maret 2017 oleh admin

Apakah Makna Filosofi Motif Batik Sawat ?

Setiap Motif Batik memiliki makna dan filosofi tersendiri dibalik prosesnya. Hal ini berlatar belakang dari budaya masing – masing daerah motif batik tersebut di ciptakan.

Motif Batik Sawat

Orang Jawa pada zaman dahulu  mempercayai bahwa  yang memiliki kekuatan untuk mengendalikan alam semesta adalah para dewa. Salah satu dewa memiliki senjata bernama wajra atau bajra yang berarti thathit (kilat). Senjata tersebut digunakan dengan cara melemparkannya (Jawa: nyawatake), sehingga sawat memiliki suatu arti yaitu “melempar”.

Dewa tersebut bernama Batara Indra. Senjata yang dimiliki sang dewa Berbentuk menyerupai seekor ular yang bertaring dan memiliki sayap, orang jawa lebih sering menyebutnya dengan “mawa lar”. Bila senjata tersebut dilemparkan ke udara, senjata ini akan menyambar – nyambar kemudian mengeluarkan suara ysangat keras yang menakutkan. Dibalik hal yang menakutkan senjata sang dewa, juga memberikan  hal yang mengemberikan sebab memberikan  hujan yang membawa kehidupan.

Senjata pusaka batara indra ini diwujudkan dalam motif batik berupa sebelah sayap. Yang mengenakan motif batik sawat harapan kedepannya agar si pemakai selalu mendapatkan perlindungan dalam kehidupan.

Recent search terms:

  • filosofi motif sawat

Bagikan informasi tentang Apakah Makna Filosofi Motif Batik Sawat ? kepada teman atau kerabat Anda.

Apakah Makna Filosofi Motif Batik Sawat ? | Pusat Grosir Mukena Daster Murah

Belum ada komentar untuk Apakah Makna Filosofi Motif Batik Sawat ?

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Sidebar Kiri
Kontak
Sidebar Kanan