Buka: jam 08.00-16.00 , jam 12.00-13.00 istirahat, Minggu libur
160x600 animasi BLB
Beranda » ☺ ARTIKEL ☺ » Bagaimana Sejarah Singkat Perkembangan Batik ?

Bagaimana Sejarah Singkat Perkembangan Batik ?

Diposting pada 22 November 2016 oleh admin

Bagaimana sejarah singkat perkembangan batik ?

          Sejarah batik ada di Indonesia berkaitan dengan perkembangan kerajaan-kerajaan nusantara, dari Majapahit kemudian kerajaan sesudahnya. Dalam beberapa catatan, pengembangan batik banyak dilakukan pada masa-masa kerajaan Mataram, dan berlanjut terus hingga pada masa kerajaan Solo dan Yogyakarta.

      sejarah-batik-solo-1   Kesenian batik merupakan kesenian menggambar di atas kain untuk dikenakan sebagai sandang yang menjadi bagian di dalam kebudayaan keluarga kerajaan Indonesia. Dari latar belakang itu, sebenarnya batik hanya terbatas dalam kraton saja, dan di buat di kawasan kraton, yang hasilnya untuk pakaian raja dan keluarga serta para pengikutnya.

          Oleh karena banyaknya dari pengikut kerajaan yang tinggal diluar kraton, maka kesenian batik ini dibawa oleh mereka keluar kraton dan pengerjaannya dilakukan dilingkungan rakyat ditempatnya masing-masing. Dalam perkembangannya lambat laun kesenian batik ini ditiru oleh rakyat terdekat dan selanjutnya meluas menjadi pekerjaan kaum wanita. Seiring waktu batik yang tadinya hanya pakaian keluarga istana kerajaan, kemudian menjadi pakaian rakyat yang digemari dari kalangan wanita maupun pria.

        Bahan dasar batik menggunakan kain putih yang  waktu itu adalah hasil tenunan sendiri. Sedangkan bahan-bahan pewarnaan yang dipakai didapatkan dengan alami dari tumbuh-tumbuhan asli Indonesia, yang kemudian diolah sendiri dengan tehnik tersendiri, antara lain dari : pohon mengkudu, tinggi, soga, nila, dan bahan sodanya dibuat dari soda abu, serta garamnya dibuat dari tanah lumpur.

        Sejarah kerajinan batik di Indonesia telah dikenal sejak zaman kerajaan dan terus berkembang hingga saat ini. Adapun mulai meluasnya kesenian batik ini menjadi milik rakyat Indonesia dan khususnya suku Jawa ialah setelah akhir abad ke-XVIII atau awal abad ke-XIX. Pada saat itu batik yang dihasilkan ialah semuanya batik tulis, sampai awal abad ke-XX. Dan kemudian mulai ada perkembangan cara-cara membatik, batik cap dikenal setelah usai perang dunia kesatu atau sekitar tahun 1920. Hingga saat ini batik sudah menjadi kebanggaan dan bagian pakaian tradisional Indonesia.

Recent search terms:

  • sejarah batik di nusantara berkaitan dengan perkembangan kerajaan
  • jelaskan dengan singkat dan jelas sejarah batik
  • jelaskan sejarah singkat berkembangan batik
  • ringkasan sejarah batik

Bagikan informasi tentang Bagaimana Sejarah Singkat Perkembangan Batik ? kepada teman atau kerabat Anda.

Bagaimana Sejarah Singkat Perkembangan Batik ? | Pusat Grosir Mukena Daster Murah

1 komentar untuk Bagaimana Sejarah Singkat Perkembangan Batik ?

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Sidebar Kiri
Kontak
Sidebar Kanan